Breaking News
Guest Lecture IV IATMI SMITSB INTERNAL SMART COMPETITION! OGIP 2015

Seminar Coal Bed Methane



Seminar:

Coal Bed Methane "Understanding The Process from Exploration through to Prodcution"

      Pada tanggal 1 November 2015, bertepatan di aula ITSB, telah digelar serangkaian acara Seminar dengan tema coal Bed Methane yang di bawakan oleh Asnanto M Putranto dan Wiarto A Putro. Acara ini di hadiri oleh seluruh member IATMI SM-ITSB dan juga seluruh mahasiswa baru jurusan teknik perminyakan. Turut juga hadir rekan rekan dari Balongan.
            Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia  selain dilimpahi gas alam, Indonesia ternyata juga kaya akan Coal Bed Methane (CBM) atau gas metana batubara, merupakan gas serbaguna yang mampu memenuhi kebutuhan berbagai macam pasar dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu setengah dari harga minyak diesel.  Dimana  pada saat ini Indonesia bertahap mengembangkan produksi CBM ini. Oleh karena itu, sebagai generasi baru dan yang khususunya dari  dunia perminyakan di Indonesia, maka dinilai perlu untuk memiliki pengetahuan mengenai tema tersebut sehingga dapat memiliki bekal dan ilmu yang baik dimasa mendatang.
            Pada sesi pertama Guest Lecture, Bapak Asnanto M Putranto membahas Coal Bed Methane dari segi Geologist dan beberapa aspek yang mendukung perkembangan CBM di Indonesia. Beliau menjelaskan ada beberapa perbedaan antara tambang batu bara dengan CBM, mulai dari cara penggaliannya hingga dampaknya pada alam. Dalam hal ini, tentu saja CBM jauh lebih ramah lingkungan dari pada tambang batu bara karena CBM hanya mengambil sedikit lahan untuk menaruh peralatan produksinya. Sedangkan pertambangan batu bara mengambil banyak porsi lahan saat dilakukannya penambangan batu bara. Lalu, sesi berikutnya dibawakan oleh bapak adalah mengenai teknis cara memproduksi CBM dari dalam reservoirnya hingga dapat digunakan oleh masyarakat, mulai dari sumurnya hingga menjadi produk energi.
      
      Begini singkatnya tentang CBM        :
            Coal Bed Methane atau CBM adalah gas alam yang di ambil dari coal bed. Di jaman sekarang ini, CBM memerankan peranan penting dalam industri energy dunia, seperti di Amerika, Kanada, Australia dan banyak lagi.
            CBM adalah gas Methane yang terserap di solid matrix dari batu bara. Hal ini disebut dengan sweet Gass karena kurangnya kandungan Hidrogen Sulfida.
            Tidak seperti gas alam yang lain, CBM mengandung sangat sedikit hidrokarbon berat seperti Peopane atau butana, dan tidak ada kondensat gas alam. Kadang kala mengandung sedikit CO2
            Acara Seminar ini diakhiri dengan acara poto bersama dan pemberian plakat kepada kedua pembicara. Tujuan diselenggarakan nya Seminar Coal Bed Methane : Understanding The Process from Exploration through to Prodcution adalah agar mahasiswa Teknik Perminyakan khususnya IATMI SM-ITSB menambah pengetahuan di bidang energi unconventional khususnya di bidang coal bed methane. Sekian ulasan dari event Seminar ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By IATMI SMITSB