Breaking News
Guest Lecture IV IATMI SMITSB INTERNAL SMART COMPETITION! OGIP 2015

Field Trip IATMI SM ITSB to PGE

Pada hari senin yang bertepatan dengan tanggal 12 Oktober kemarin, teman-teman dari IATMI mengadakan field trip ke PT. PGE (Pertamina Geothermal Energi) yang berlokasi di Kamojang, Garut. Ini bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan kepada teman-teman yang ikut, yang belum tentu di dapatkan di bangku perkuliahan. Serta sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan kampus kita yang tercinta kepada dunia di luar sana.

Teman-teman dari IATMI dengan antusias yang tinggi, bangun pagi-pagi sekali untuk berkumpul di kampus. Sesampainya di Kamojang, kita bisa melihat perkebunan, perkampungan dan hutan konservasi. Karena, memang hutan itu sendiri merupakan salah satu sistem yang penting untuk berkesinambungan-nya Geothermal.



Sekedar informasi nih, Geothermal merupakan energi terbarukan yang dapat di gunakan secara terus menerus apabila lingkungan hutannya di jaga. Dan ternyata, uap dari PT. PGE yang berada di Kamojang saja, ternyata mampu men-supply untuk 235 megawatt listrik. Jika Geothermal ini dikembangkan lebih lanjut, Indonesia tentu bisa menghemat lebih banyak bahan bakar fosil, yang sampai saat ini masih banyak di gunakan untuk pembangkit listrik.

Uniknya, ada sebuah sumur KMJ-3, yang ternyata telah di bor oleh Belanda sejak tahun 1926 dan sampai sekarang masih berproduksi. Itu merupakan sebuah bukti, bahwa Geothermal merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk mengatasi krisis energi di negara ini.


1 komentar:

Designed By IATMI SMITSB